Kamis, 22 Desember 2011

Hari ibu??Mother's day??

Hari Ibu. Apa yang terlintas dibenak kamu jika mendengar kata Hari Ibu?perjuangan Ibu dalam membesarkanmu? kasih sayang Ibu? hari dimana Ibu dimanja seharian penuh? banyak banget kan yang terpikirkan. Tapi pernah tau gak makna sebenarnya dan esensi dari Hari Ibu yang lazim disebut sebagai Mother's Day?
Jadi begini sejarahnya. Ehem...ehem...Hari Ibu itu diawali dengan diadakannya Konger Perempuan pada tahun 1928 di gedung Mandalabhakti Wanitama di Jalan Adisucipto, Yogyakarta. Kongres ini bertujuan untuk menyatukan pikiran dan semangat untuk berjuang mejuju kemerdekaan dan perbaikan nasib perempuan. Istilah sekarangnya mah penyetaraan gender. Banyak banget hal yang dibahas di Kongres itu, termasuk peran wanita dalam pergerakan kemerdekaan dan perbaikan kondisi masyarakat. Pada tahun 1959 Presiden Soekarno akhirnya menetapkan bahwa tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu melalui Dekrit Presiden Nomor 316 Tahun 1959.Jadi, makna Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember itu adalah peringatan terhadap bersatunya perempuan untuk kesetaraan gender, feminisme dan perjuangan perempuan terhadap kemerdekaan serta kepedulian terhadap masalah dimasyarakat. Perempuan disini bukan hanya ibu, tapi semua perempuan termasuk yang belum menjadi ibu.
Sedangkan Mother's day itu untuk menghormati ibu dan keibuannya ibu. Biasanya diperingati dibulan Maret, April dan May diseluruh dunia.
Sekarang kelihatankan bedanya. jadi, Hari Ibu untuk memperingati perjuangan perempuan dan Mother's day untuk menghormati ibu. Mother's day kalo diterjemahin artinya emang Hari Ibu, tapi maknanya beda banget. Ini jadi pelajaran buat kita untuk gak sembarangan nerjemahin kata yang bukan bahasa asli kita dan benar-benar memahami setiap kata yang akan diucapkan. In conclusion, Selamat Hari Ibu buat semua perempuan diindonesia (termasuk aku), semoga kita bisa melanjutkan apa yang telah dilakukan perempuan dulu dan menjadi inspirasi bagi semua orang. Semoga kita bisa menjadi penggerak perubahan, bukan hanya menunggu perubahan agar perempuan diindonesia lebih sejahtera. I'm proud of being a woman.


hug n kisses


*nezzutichan*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar